Tuesday, April 10, 2012

BAITI JANNATI




Pertama kali yang terlintas dalam pikiran aku ketika diajak papanya Alvin melihat-lihat perumahan tempat kami tinggal adalah, “what…. Aku akan menghabiskan waktu entah sampai berapa lama disini…???” kawasan yang suueeepppi, dikelilingi areal persawahan, panas (padahal masih dekat Pandaan yang notabene daerah berhawa sejuk), jauh dari mana-mana. Yang paling menakutkan…. Aku sendiri dan tidak kenal siapapun!!

Sempat nyesel kenapa juga aku berniat ikut papanya Alvin. Meninggalkan Gresik yang hommy, ortu , temans dan saudaras yang telah “mewarnai hidupku. Mau gimana lagi, aku harus menerima segala konsekuensi untuk keputusan hidup mandiri. Kerasan gak kerasan ya harus kerasan….

Awal pindah rumah adalah masa-masa yang berat, Belum punya tetangga (yang terdekat saja 7 rumah dari rumah kami). Semua pekerjaan rumah harus aku tangani sendiri. Ukuran rumah yang sempit membuat Alvin pinginnya main keluar melulu. Kalau siang panas, malam duingin banget. Tidak ada penjual makanan yang lewat depan rumah, karena memang jalannya g ada, hanya jalan setapak. Kami-aku dan Alvin-  dilanda homesick tingkat tinggi. Tak heran tiap papanya libur, Alvin buru-buru minta pulang Gresik. Beruntung papa Alvin cukup sabar menghadapi  kami berdua. Mengajak jalan-jalan keliling Pandaan, bermain ke teman kerjanya, sampai pergi ke tempat bermain sering dilakukannya untuk “meredam” kegalauan kami, meski, tetap saja rasa tidak kerasan itu tetap ada.

Day by day, perlahan aku bisa men – support diri sendiri. Mencari kegiatan yang positif (meski tetap didalam rumah karena aku kurang hobi nonggo), bersosialisasi dengan orang sekitar, dan mecari kesibukan-kesibukan lain pengisi waktu luang.Alvin juga mulai enjoy dengan lingkungan dan temans sekitarnya. Seiring bertambah usia, dia sudah lebih bisa beradaptasi, dan mengerti tanggung jawab. Entah karena perubahan mindset atau emang homesick nya sudah antiklimaks, alhamdulillah kami sudah merasa kerasan di rumah sendiri.

Sekarang, meski ada libur yang bertepatan long weekend, kami tetap enjoy di sini. Meski jauh dari yang namanya nyaman dan lega (maklum ukurannya sempit), perasaan home sweet home sudah terasa. Ketika pergi ke Gresik atau kemana pun, selalu pingin cepat pulang karena merasa lebih nyaman disini. Baiti Jannati, alhamdulillah… meski untuk pindah alamat KTP dan KK masih pikir-pikir dulu :-D

No comments:

Post a Comment